fisika

 

  1. 1.   PLTA ( PEMBANGKIT  LISTRIK TENAGA AIR )

 

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah salah satu pembangkit yang memanfaatkan aliran air untuk diubah menjadi energi listrik. Energi listrik yang dibangkitkan ini biasa disebut sebagai hidroelektrik. Pembangkit listrik ini bekerja dengan cara merubah energi air yang mengalir (dari bendungan atau air terjun) menjadi energi mekanik (dengan bantuan turbin air) dan dari energi mekanik menjadi energi listrik (dengan bantuan generator). Kemudian energi listrik tersebut dialirkan melalui jaringan-jaringan yang telah dibuat, hingga akhirnya energi listrik tersebut sampai ke rumahmu.

         PLTA bermacam-macam , mulai yang berbentuk mikro-hidro dengan kemampuan memberikan energi listrik untuk beberapa rumah saja sampai yang berbentuk raksasa seperti Bendungan Karangkates yang dapat menyediakan listrik untuk berjuta-juta orang-orang.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terdiri dari beberapa bagian yaitu:

Bendungan, berfungsi menampung air dalam jumlah besar untuk menciptakan tinggi jatuh air agar tenaga yang dihasilkan juga besar. Selain itu bendungan juga berfungsi untuk pengendalian banjir.
Turbin, berfungsi mengubah aliran air menjadi energi mekanik. Air yang jatuh akan mendorong baling-baling sehingga menyebabkan turbin berputar. Perputaran turbin ini dihubungkan ke generator. Turbin air kebanyakan bentuknya seperti kincir angin.

Generator, dihubungkan dengan turbin melalui gigi-gigi putar sehingga ketika baling-baling turbin berputar maka generator juga ikut berputar. Generator selanjutnya merubah energi mekanik dari turbin menjadi energi listrik.

Jalur Transmisi, berfungsi mengalirkan energi listrik dari PLTA menuju rumah-rumah dan pusat industri.

  1. 2.   PLTN ( PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NULKIR )
  1. A.         PENGERTIAN PLTN

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir adalah sebuah pembangkit daya thermal yang menggunakan satu atau beberapa reaktor nuklir sebagai sumber panasnya. Prinsip kerja sebuah PLTN hampir sama dengan sebuah Pembangkilt Listrik Tenaga Uap, menggunakan uap bertekanan tinggi untuk memutar turbin. Putaran turbin inilah yang diubah menjadi energi listrik. Perbedaannya ialah sumber panas yang digunakan untuk menghasilkan panas. Sebuah PLTN menggunakan Uranium sebagai sumber panasnya. Reaksi pembelahan (fisi) inti Uranium menghasilkan energi panas yang sangat besar.

PLTN dikategorikan berdasarkan jenis reaktor yang digunakan. Namun pada beberapa pembangkit yang memiliki beberapa unit reaktor yang terpisah memungkinkan untuk menggunakan jenis reaktor yang berbahan bakar seperti Uranium dan Plutonium.

  1. B.    DAMPAK DARI PLTN

 

Beberapa dampak yang ditimbulkan oleh PLTN :

  1. Limbah Radioaktif : limbah radioaktif yang dihasilkan termasuk dalam kategori limbah    khusus berbahaya
  2. Radiasi : Radiasi yang berasal dari bahan radioaktif dapat menimbulkan kontaminasi terhadap manusia dan biosfernya.
  1.  C.    KEUNGGULAN PLTN

 

  1. Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca
  2. Tidak menghasilkan gas-gas berbahaya
  3. Sedikit menghasilkan limbah padat
  4. Biaya bahan bakar rendah
  5. Sangat sedikit menghasilkan sehingga dapat menhgurangi pemanasan global
  1.  D.    KEKURANGAN PLTN

 

  1. Bahaya radiasi yang dapat membahayakan makhluk hidup
  2. limbah radioaktif tingkat tinggi yang dihasilkan dapat bertahan hingga ribuan tahun
    1. Resiko kecelakaan nuklir : kecelakaan nuklir terbesar adalah kecelakaan Chernobyl(yang  tidak mempunyai containment building)
  1. 3.   PLTU ( PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP )

 

1.PENGERTIAN PLTU

 

‘Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) adalah pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.

Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah Generator yang dihubungkan ke turbinyang digerakkan oleh tenaga kinetik dari uap panas/kering. Pembangkit listrik tenaga uapmenggunakan berbagai macam bahan bakar terutama batu bara dan minyak bakar serta MFOuntuk start up awal.

2. SEJARAH PLTU

 

Pada tahun 1831, setelah sebelas tahun melakukan percobaan, Michael Faraday dapatmembuktikan prinsip pembangkitan listrik dengan induksi magnet. Dengan peragaan dijelaskan, bahwa bila kumparan atau penghantar memotong medan magnet yang berubah-ubah akanterinduksi suatu tegangan listrik padanya. Kini rancangan semua mesin listrik adalah didasarkan pada bukti nyata tersebut.

Kemudahan membangkitkan listrik secara induksi memunculkan perkembangan pembuatandynamo dan pada tahun 1882 tersedia pasok listrik untuk publik di London. Pasokan inidiperoleh dari generator DC yang digerakkan dengan mesin bolak balik (reciprocating) yang dicatu dengan uap dari boiler pembakaran manual. Permintaan tenaga listrik tumbuh berkembangdan pembangkit kecil muncul di seluruh negeri. Hal ini memberikan keinginan untuk bergabungagar menjadi ekonomis.

Pada tahun 1878 generator pertama dibuat oleh Gramme, tetapi tidak menghasilkan listrik sampai tahun 1888 ketika Nikola Tesla memperkenalkan sistem banyak fasa (poly phase) medan berputar. Pada tahun 1882 Sir Charles Parson mengembangkan Turbin generator AC pertamadan pada 1901 dibuat generator 3 fasa 1500 kW untuk pusat pembangkit Neptune di TyneInggris.

Inilah mesin awal dengan kumparan yang berputar didalam medan magnet, tetapi ternyata bahwasemakin besar output yang diinginkan akan lebih mudah mengalirkan arus listrik pada medanmagnet berputar didalam kumparan yang diam atau stator. Rancangan mesin secara bertahap berkembang sehingga pada 1922, generator 20 MW yang berputar pada 3000 rpm beroperasi.

Sementara itu karena tuntutan permintaan kebutuhan rancangan unit pembangkit juga berkembang dan kapasitasnyapun meningkat sehingga dibentuk organisasi untuk mengoperasikan sistem transmisi interkoneksi yang disebut pusat penyaluran dan pengatur  beban.

PLTU adalah jenis pembangkit listrik tenaga termal yang banyak digunakan, karena efisiensinya baik dan bahan bakarnya mudah didapat sehingga menghasilkan energi listrik yang ekonomis.PLTU merupakan mesin konversi energi yang merubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi listrik.

4. KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PLTU

 

 Dibanding jenis pembangkit lainnya PLTU memiliki beberapa keunggulan. Keunggulan tersebutantara lain :‡

 Dapat dioperasikan dengan menggunakan berbagai jenis bahan bakar (padat, cair, gas).‡ Dapat dibangun dengan kapasitas yang bervariasi‡ Dapat dioperasikan dengan berbagai mode pembebanan‡ Kontinyuitas operasinya tinggi‡ Usia pakai (life time) relatif lama.

Namun PLTU mempunyai bebrapa kelemahan yang harus dipertimbangkan dalam memilih jenis pembangkit termal. Kelemahan itu adalah :

Sangat tergantung pada tersedianya pasokan bahan bakar ‡ Tidak dapat dioperasikan (start) tanpa pasok listrik dari luar ‡ Memerlukan tersedianya air pendingin yang sangat banyak dan kontinyu‡ Investasi awalnya mahaL.

 

  1. 4.   PLTD ( PEMANGKIT LISTRIK TENAGA DISEL )

 

  1. 1.    Pengertian Satuan Pembangkit Diesel (SPD) 

SPD adalah singkatan dari satuan pembangkit diesel, secara populer disebut

juga diesel genset.

SPD terdiri atas mesin diesel yang dikopel dengan generator, termasuk

peralatan bantu  (auxiliary equipment) seperti pompa air, pompa minyak

pelumas, tangki harian bahan bakar, sistem pendingin mesin maupun sistem

pendingin untuk generator dan panel kontrol mesin atau generator.

  1. 2.    Pengertian PLTD 

PLTD adalah singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel.

PLTD terdiri atas satu atau beberapa SPD.

Disamping itu PLTD terdapat peralatan umum antara lain terdiri atas

kompresor udara untuk menjalankan mesin, tangki persediaan bahan bakar,

tangki atau kolam persediaan air, pemadam kebakaran, pembakar limbah

(incinerator). Selanjutnya termasuk pula bangunan SPD alat pengangkat

(over head crane), transformator penaik tegangan, panel hubungbagi (switch

gear) dan bangunan bengkel atau gudang, serta perumahan dinas karyawan

PLTD.

Baca juga :

About agustinazimah

Nazimah Agustina | 24 Aug 1995 | East Borneo | Indonesia | SMTown Lovers | KiHae Shipper | Donghae Biased | Artworker

Posted on 8 September 2012, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: