Tutorial Mengedit Photo Genderswitch pada Photoshop

 

Assalamualaikum wr. Wb.

Apa kabar semua? Semoga baik. Tidak seperti biasanya, jika sebelum-sebelumnya saya memposting sesuatu di blog itu Fanfiction yang berbau Korea ala Super Junior dengan maincast KiHae yang merupakan One True Pair saya yang telah naik tingkat menjadi One True Love, #eaa Shipper kumat.

Mungkin tidak banyak orang yang mengetahui makna genderswitch (GS) itu apa, tapi bagi mereka yang entah suka baca Fanfic GS ataupun aktif di bidang per-FF-an tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Saya menulis postingan ini setelah searching di google tentang “cara mengedit photo genderswitch” belum ada yang membahas (entah memang tidak ada atau aku yang apes hingga tidak ketemu), yang ada juga cara membuat cover untuk Fanfiction, atas dasar  itulah saya memberanikan diri menulis ini, walaupun terkesan sok tau ya saya karena masih baru juga dibidang editor, tapi sekedar sharing tak apakan??

Gampangnya, photo Genderswitch itu adalah photo laki-laki yang diubah menjadi perempuan dan sebaliknya, semua tergantung dari niat, kalau saya sih maunya seru-seruan dan untuk visualisasi Fanfiction genderswitch saya, tidak bermaksud merendahkan martabat siapapun.

Untuk pembahasan, saya akan menggunakan Super Junior Lee Donghae (bias saya ini, LOL) dan Girls’ Generation Stephanie Hwang. Oke silahkan disimak tutorialnya ::::

Hal yang paling awal adalah kepercayaan diri jika hasilnya bagus, tidak peduli orang suka atau tidak, yang penting kita suka apapun hasilnya! Ngedit foto GS itu gampang-gampang susah walaupun tutornya tidak berbeda dari mengedit photo biasa (tergantung objek dan model), jadi kita harus memakai objek dan model  yang menurut kita bagus jika diedit, yang sudah kita khayalkan.

Pertama, buka aplikasi Photoshop kamu (saya memakai Photoshop CS5.1),Belum punya Photoshop? Klik Download Photoshop CS5 Portable. Lalu klik menu file > open, pilihah photo model dan seorang yang akan ingin kita jadikan genderswitch (objek).

Kedua, pilih (select) wajah objek menggunakan Lasso Tool seperti ini (lihat tanda yang warna merah):

cara mengedit photo genderswitch   2

Ketiga, setelah mengklik move tool, seret layer (wajah yang dipotong/dipilih tadi) ke arah model sehingga si model berubah menjadi background dan wajah Donghae menjadi layer seperti ini (lihat tanda yang warna merah):

cara mengedit photo genderswitch   3

Keempat, hapus “sampah” (yang tidak diperlukan menggunakan eraser tool (lihat tanda yang warna merah) ):
cara mengedit photo genderswitch   4

Lalu? Lalu? Lalu?

Kelima, tekan CTRL + T untuk merubah photo si layer, entah memperbesar, memperkecil, atau memutar kekiri dan ke kanan, seperti ini :

cara mengedit photo genderswitch 5

Naahhh, dan ini yang paling ditunggu-tunggu! Menyetarakan warna layer dengan background!!

Keenam, untuk Menyetarakan warna layer dengan background bisa pilih menu image > adjustment > color balance, kalau mau praktis tinggal tekan CTRL+B, untuk menambah/mengurangi kecerahan dan kontras pilih menu image > adjustment > brightness/contrast setelah itu terserah deh mau ngapain, suka-suka!! Ahahaha

cara mengedit photo genderswitch 6

cara mengedit photo genderswitch 7

cara edit photo gs 8

Hasilnya seperti ini, samakan warnanya?? Iya dong ya!#maksa

cara mengedit photo genderswitch 8

Dan yang paling penting adalah jreng! Jreng! Jreng! pilih menu file > save as, pada file format pilih format JPEG (.*JPG:*JPEG:*JPE) (jika menginginkan format photo, kalau aku sih kadang-kadang pakai format PSD).

Bagaimana? Silahkan dicoba jika penasaran.

Nah sekarang untuk menambah kesan “cewek”, saya memakai aplikasi lain sebenarnya untuk memberi make up si Super Junior Donghae ini, meskipun sebenarnya bagi saya fungsi aplikasi make up itu yang paling penting adalah untuk menyetarakan warna rambut si objek dan model. Insya Allah mungkin di postingan berikutnya jika pembaca sekalian menginginkan. kurang lebih hasilnya seperti ni :

Lee Donghae GS by Nazimah Elfish

Semoga bermanfaat dan jika ada yang mau ditanyakan jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar.

akhir kata Wassalamualaikum Wr. Wb.

Artikel Terkait :
Artikel Terkait :

Kait kata : Belajar Photoshop, Membuat Bingkai, Menambah Bingkai pada photo, Edit foto, Efek Cahaya Photo, Tutorial, Tips dan trik, membuat wallpaper, png pack, font pack, psd coloring, soft and simple, software editor photo, dreamlight, magic photo, editing, 1 bingkai 2 photo

About agustinazimah

Nazimah Agustina | 24 Aug 1995 | East Borneo | Indonesia | SMTown Lovers | KiHae Shipper | Donghae Biased | Artworker

Posted on 23 Juni 2013, in Tutorial and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. min, caranya ngewarnai/nyamain rambutnya itu gimana?. aku udah coba tutorial cra mewarnai rambut dengan natural, tapi gak bisa

    Suka

  2. Kok aku ngakak ya liat fotonya Donghae hihi. Btw makasih ya tutorialnya kak, lagi butuh soalnya ^^

    Suka

  3. gmn spya wrna kulit yg diedit biar sama diapain sih?

    Suka

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: