[Tutorial] Membuat Photo PNG Sendiri

[Tutorial] Membuat Photo PNG Sendiri

Assalamualaikum wr.wb.

Pada tutor kali ini adalah membuat PNG Sendiri pada Photoshop. Membuat PNG bagi saya itu gampang-gampang susah ya jadi bagi sebagian orang lebih senang mendowload photo-photo PNG dibanding “membuang” sendiri background pada photo yang mau diedit.

Photo yang berformat PNG bagi saya adalah photo transparan (tanpa background) yang sudah siap pakai untuk diolah lagi menjadi  wallpaper dan yang lainnya, kualitasnya lebih bagus dibanding photo berformat JPEG dam tentunya ukurannya lebih besar dari JPEG.

Saya juga seorang pembuat PNG dari artis-artis SMent kesukaan saya meski masih baru juga sih menggeluti dunia membuat PNG untuk orang lain, karena saya terbiasa membuat PNG untuk diri saya sendiri, ahaha. Tidak lengkap rasanya jika saya pemberi photo PNG yang siap pakai tapi tidak membuat tutorial membuatnya bagi teman-teman yang ingin membuat PNG sendiri.

Langkah-langkah :

  1. Buka aplikasi Photoshop kamu, saya memakai Photoshop CS5.  Belum punya Photoshop? Klik Download Photoshop CS5 Portable. Lalu klik menu file >> open untuk membuka photo yang mau dijadikan PNG, pada tutorial ini saya memakai leader dari  boy group asal Korea Selatan yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, TVXQ Yunho. Seleksi photo tersebut menggunakan Polygonal Lasso Tool, mau pakai Pen Tool juga boleh, seperti ini :

membuat png pack sendiri pada photoshop 1

  1. Klik kanan foto lalu copy layer yang masih terseleksi.

cara membuat png sendiri menggunakan polygonal lasso tool

  1. Setelah photo seleksi Yunho terduplikasi, aktifkan layer background tersebut dan tekan delete pada keyboard, maka yang tersisa hanyalah foto yang kita seleksi tadi dengan nama layer 1 seperti ini :

membuat png pack sendiri pada photoshop 2

Tambahan : jika hasil seleksi kurang memuaskan, maka yang kamu lakukan adalah klik eraser tool untuk menghapus sisa background photo.

  1. Setelahnya klik menu file >> save as, pilih PNG untuk format photo BUKAN JPEG dan itu hukumnya WAJIB!

Dan selesai untuk Tutorial Membuat PNG Sendiri Menggunakan Photoshop, jika ada pertanyaan bisa diisi pada kolom komentar. Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum wr.wb.

BACA JUGA :

TULISAN LAIN :

About agustinazimah

Nazimah Agustina | 24 Aug 1995 | East Borneo | Indonesia | SMTown Lovers | KiHae Shipper | Donghae Biased | Artworker

Posted on 24 September 2013, in Tutorial and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. gimana sih cara download photoshopnya ?

    Suka

  2. cara aktifkan layer background tu yg mana ?
    kok punya ku udh klik layer copy knp bg nya masi ada ?

    Suka

  3. Makasih banyak, tutorialnya sangat membantu🙂

    Suka

Bagaimana menurut anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: